
KATA PENGANTAR
Puji
syukur kehadirat Allah SWT yang karena anugerah dari-Nya kami dapat
menyelesaikan makalah TIK tentang "Fitur Fitur Corel Draw" ini. Penulis
sangat bersyukur karena telah menyelesaikan makalah yang menjadi tugas
pendidikan TIK. Disamping itu, kami mengucapkan banyak terima kasih kepada
semua pihak yang telah membantu kami selama pembuatan makalah ini berlangsung
sehingga terealisasikanlah makalah ini.
Demikian
yang dapat kami sampaikan, semoga makalah ini bisa bermanfaat dan jangan lupa
ajukan kritik dan saran terhadap makalah ini agar kedepannya bisa diperbaiki.
Balinggi, Agst
2016
Penyusun
BAB I
PENDAHULUAN
Pada
era globalisasi seperti sekarang ini kemajuan teknologi berkembang sangat pesat dan membantu manusia
berinteraksi satu sama lain tanpa dibatasi oleh jarak dan waktu. Kemudahan yang
diberikan oleh teknologi mencakup berbagai aspek kehidupan, mulai dari bisnis
hingga pendidikan. Teknologi sangat berperan penting dalam membantu setiap
kebutuhan manusia salah satunya yaitu
komputer.
Komputer
adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah
dirumuskan. Membantu setiap pekerjaan manusia, menjadi tempat ketergantungan
hampir semua manusia didunia. Komputer mempunyai beberapa perangkat yaitu
perangkat keras atau hardware, perangkat lunak atau software dan brainware.
Nama
lain software adalah perangkat lunak. Seperti nama lainnya itu, yaitu perangkat
lunak, sifatnya pun berbeda dengan hardware atau perangkat keras,
perangkat keras adalah nyata yang dapat
dilihat dan disentuh oleh manusia, sedangkan software tidak dapat dilihat dan
disentuh secara fisik, software memang tidak tampak secara fisik dan tidak
berwujud benda tapi bisa dioperasikan.Rangkaian prosedur dan dokumentasi
program yang berfungsi menyelesaikan masalah yang dikehendaki. Merupakan data
elektronik yang disimpan sedemikian rupa oleh komputer itu sendiri, data yang
disimpan ini dapat berupa program atau instruksi yang dijalankan oleh perintah,
maupun catatan-catatan yang diperlukan
oleh komputer untuk mejalankan perintah yang dijalankannya inilah fungsi dari
perangkat lunak atau software. Diperangkat ini terdapat program aplikasi grafis
berbasis vektor yaitu CorelDraw.
Software
CorelDRAW digunakan rata-rata untuk membuat garis-garis vector, contohnya logo.
Dengan kelengkapan tools dari software ini, juga controlnya pun lebih nyaman,
mendesain logo vector menjadi lebih mudah. Begitu pesat berkembangnya teknologi
komputer, yang terutama pada perangkat lunak, mau tidak mau kita juga harus
mengikuti perkembangannya.
1)
Apa itu coreldraw ?
2)
Apa Fungsi dari Fitur Fitur pada corelDraw ?
C.
Tujuan
Supaya pembaca
mengerti apa itu coreldraw serta Fitur Fiturnya
BAB II
PEMBAHASAN
Corel
Draw merupakan suatu program aplikasi grafis berbasis vektor yang memungkinkan
seseorang membuat sebuah karya seni profesional, mulai dari yang simpel seperti
logo sederhana hingga ilustrasi teknis yang rumit atau kompleks dengan
pemrosesan visual.
CorelDraw
sejak awal dikembangkan untuk Windows dan saat ini dapat berjalan pada Windows
2000 dan versi selanjutnya. Versi untuk Mac OS dan Mac OS X ada awalnya juga
tersedia, namun dihentikan karena minimnya penjualan. Versi Mac OS hanya
berlanjut sampai versi 5.0. Versi terakhir ntuk Linux terakhir dibuat tahun
2000. Corel pada Linux tidak berjalan langsung di atas platform, namun harus
menggunakan Wine, semacam crossover seperti yang digunakan untuk meng-install
Photoshop pada Linux.
Pada
1985, Dr. Michael Cowpland mendirikan Corel untuk menjual sistem
desktop-publishing berbasis Intel. Pada 1987, Corel merekrut beberapa
pengembang software (programmer) untuk membangun sebuah software grafis
berbasis vektor untuk dijadikan satu dengan paket desktop-publishing Corel.
Program itu, yang akhirnya diberi nama CorelDraw, pertama kali diluncurkan ada
1989. Programitu diterima luas oleh masyarakat dan pada akhirnya corel hanya
focus pada pengambangan software. CorelDraw dibuat utk Windows bersamaan dengan
diluncurkanya Windows 3.1. dengan dimasukkannya TrueType ke dalam Windows 3.1
menjadikan Corel sebagai program ilustrasi yang mampu menggunakan fonts yang
ada tanpa membutuhkan software tambahan seperti Adobe TypeWriter. Beberapa
inovasi untuk ilustrasi berbasis vektor pada CorelDraw : Note-edit tool, stroke
before fill, mesh fill dan sebagainya.
CorelDraw
memiliki perbedaan mencolok dibandingkan kompetitornya. Yang pertama bahwa
CorelDraw adalah suatu paket software grafis, bukan hanya sebuah editor gambar
berbasis vektor. Peralatan – peralatan yang ada memungkinkan penggunanya untuk
mengatur kontras, keseimbangn warna bahkanmengubah dari mode RGB (Red Green
Blue) menjadi CMYK (Cyan Magenta Yellow). Khusus untuk gambar bitmap dapat
diubah dengan Corel PhotoPaint. Pesaing utama CorelDraw adalah Adobe Illustrator
dan Xara Extreme. Meskipun mereka semua juga program editor gambar berbasis
vector, namun pengalaman pengunanya dapat menghasilkan perbedaan yang mencolok.
CorelDraw
menyediakan tool dan efek yang membuat kita dapat bekerja efisien untuk
menghasilkan sebuah gambar berkualitas tinggi. Dari beberapa versi perkembangan
CorelDraw, yang saat ini cukup baik untuk kita gunakan adalah CorelDraw versi
X3(13). Versi yang paling tinggi membutuhkan performa komputer (spesifikasi
prosesor ,RAM, dan memori grafis ) yang tinggi pula. Untuk penggunaan standar (
Latihan untuk membuat karya grafis sederhana ), versi yang lebih lama (versi
10, 11, atau 12) pun sebenarnya cukup baik untuk digunakan.
1.
Mengaktifkan CorelDraw
1)
Klik tombol start
2)
Klik All Start
3)
Pilih CorelDraw Graphics suite X3
4)
Klik CorelDraw X3,akan tampil gambar corelDraw
2.
Lembar kerja CorelDraw
1.
Title bar
Title bar berisi informasi tentang aplikasi yang
sedang aktif dan file yang dikerjakan. Apabila file itu belum pernah disimpan,
maka secara otomatis akan diberi nama Graphic1.cdr, Graphic2.cdr dan
seterusnya.
2.
Menu bar
Menu bar berisi perintah mengenai file yang akan
atau sedang dikerjakan. Perintah yang dapat dipilih adalah yang berwarna jelas,
sedangkan yang berwarna buram (tidak aktif) menunjukkan bahwa perintah tersebut
tidak sesuai dengan objek yang sedang dikerjakan.
Yang
ada di dalam menu bar adalah :
1)
Menu File. Berikut beberapa submenu pada Menu File
yang umum digunakan.
New
untuk membuat gambar atau desain baru dari layout kosong (blank).
-
New Form Template untuk membuat gambar atau desain
baru dari file template (desain yang sudah terbentuk sebelumnya,*. cdt).
-
Open untuk membuka file *.cdr.
-
Close untuk menutup lembar kerja yang aktif.
-
Close All untuk menutup lembar kerja keseluruhan.
-
Save untuk menyimpan file atau lembar hasil kerja.
-
Save As untuk menyimpan file dengan nama baru, biasa
digunakan untuk file yang sudah tersimpan kemudian disimpan kembali dengan nama
lain.
-
Acquire Image untuk mengambil gambar dari scanner.
-
Import untuk mengambil gambar, foto atau teks dari
file lain baik file CDR, BMP, TXT,TIF ataupun JPG.
-
Export untuk menyimpan dokumen dalam format file
lain.
-
Print Merge untuk mencetak dengan menggabungkan pada
file txt.
-
Print Setup untuk menentukan jenis printer yang
dipakai, ukuran kertas serta set warna atau monochrome.
-
Publish to The Web, Document Info.
-
Exit untuk keluar program CorelDRAW.
2)
Menu Edit. Berikut beberapa submenu pada Menu Edit
yang umum digunakan.
-
Undo untuk membatalkan satu atau dua perintah
sebelumnya dalam pengeditan.
-
Redo untuk mengembalikan perintah yang sudah
dibatalkan oleh perintah undo.
-
Repeat untuk mengulangi langkah terakhir yang
dilakukan dalam pengeditan.
-
Cut untuk menghapus objek dan menyimpannya di memori
sehingga dapat ditampilkan kembali dengan perintah paste.
-
Copy untuk menyalin objek dan tersimpan di memori.
-
Paste untuk mengaktifkan atau menampilkan
objek-objek yang ada di memori (objek yang di-cut atau di-copy).
-
Paste Special untuk mengaktifkan objek dari hasil
cut atau copy dari program lain disertai dengan alternatif lain.
-
Duplicate untuk membuat duplikat atau salinan objek
saat itu juga.
-
Clear untuk menghapus objek.
-
Select All untuk memilih semua hasil editan.
-
Find and Replace untuk mencari dan mengganti nama
kata.
-
Insert New Object untuk membuat objek dari program
lain dan kembali ke CorelDRAW dengan membawa objek.
3)
Menu View. Berikut beberapa submenu pada Menu View
yang umum digunakan.
-
Wireframe untuk menampilkan objek hanya outline tanpa
menampilkan warna garis, isi, dan efek berfungsi mempercepat pengeditan pada
layar.
-
Full Screen Preview untuk menampilkan objek satu
layar penuh.
-
Rulers untuk menampilkan penggaris di atas dan di
samping jendela aplikasi.
-
Grid untuk menampilkan titik-titik bantu pada layar
aplikasi.
-
Guidelines untuk memunculkan garis bantu.
-
Show untuk menampilkan hasil edit.
-
Snap to Grid untuk mengubah atau memindahkan
berdasarkan grid.
-
Snap to Guidelines untuk memindahkan atau mengubah
objek dengan merapat guidelines (garis bantu).
-
Grid and Ruler Setup untuk menentukan satuan skala
baik inci, milimeter atau pixel.
-
Guidelines Setup untuk menentukan posisi guide pada
layout.
-
Dynamic Guides Setup untuk menyediakan ketentuan
dalam membuat garis bantu dinamis.
4)
Menu Layout. Berikut beberapa submenu pada Menu
Layout yang umum digunakan.
-
Insert Page untuk menyisipkan atau menambahkan
halaman.
-
Delete Page untuk menghapus halaman.
-
Rename Page untuk mengganti nama.
-
Go To Page untuk memilih halaman yang akan diedit.
-
Page Setup merupakan ketentuan dalam ukuran halaman.
-
Page Background untuk memasukkan latar belakang
warna atau objek gambar pada halaman.
5)
Menu Arrange. Berikut beberapa submenu pada Menu
Arrange yang umum digunakan.
-
Transformations untuk membuat efek tranform.
-
Align and Distribute menentukan satu objek pada
posisi kiri, kanan, tengah bawah atau atas dari objek lain.
-
Order untuk menentukan objek depan atau belakang
dari objek lainnya.
-
Group untuk menghimpun dua atau lebih objek dan
menguncinya.
-
Ungroup untuk melepas kunci dari himpunan objek yang
telah di-group.
-
Ungroup All untuk melepas kunci dari himpunan objek
secara keseluruhan.
-
Combine untuk menggabungkan dua objek atau lebih
menjadi satu objek yang berupa curve dan masih menampilkan objek-objek tersebut
berpotongan.
-
Break Apart untuk memisahkan objek yang sudah di
combine.
-
Lock Object untuk mengunci objek.
-
Unlock Object untuk melepaskan kunci objek yang
telah di-lock.
-
Shaping, Convert to Curves untuk membuat objek atau
teks yang tersorot dijadikan objek lain berupa curve.
6)
Menu Effects. Berikut beberapa submenu pada Menu
Effects yang umum digunakan.
-
Transform untuk menampilkan jendela perintahperintah
pindah (move), berputar (rotate), Strenght atau juga skew.
-
Correction untuk mengkoreksi hasil efek. – Artistic Media
untuk menampilkan jendela gambar dan tulisan artistik.
-
Blend untuk menampilkan jendela menu efek blend.
-
Contour untuk menampilkan jendela menu efek contour.
-
Envelope untuk menampilkan jendela menu efek
envelope.
-
Extrude untuk menampilkan jendela menu efek Extrude.
-
Bevel untuk menampilkan jendela menu efek Bevel.
-
Lens untuk menampilkan jendela menu efek lens.
-
Add Perspective untuk menambah dan menampilkan
perspektif.
-
PowerClip klip-klip efek dalam mengubah efek yang
sudah ada.
-
Copy Effect untuk menyalin efek.
-
Clone Effect untuk meng-clone (menggandakan) dari
objek lain yang sudah diberi efek.
7)
Menu Bitmaps. Berikut beberapa submenu pada Menu
Bitmaps yang umum digunakan.
-
Convert to Bitmap untuk mengubah gambar menjadi
bentuk bitmap.
-
Auto Adjust, untuk mengatur channel warna dan
kekontrasan gambar secara otomatis.
-
Image Adjusment Lab untuk mengatur chanel warna dan
kekontrasan gambar secara normal.
-
Edit Bitmap, untuk mengubah-ubah atau mengedit
gambar.
-
Crop Bitmap untuk memotong gambar.
-
Trace Bitmap untuk memilah-milah warna yang ada pada
gambar.
-
Mode untuk menentukan warna pada gambar.
-
Bitmap Color Mask untuk mengkombinasikan warna pada
gambar bitmap.
-
3D Effects untuk mengatur efek 3 dimensi gambar.
-
Art Strokes untuk membuat gambar tampak hasil
goresan.
-
Blur untuk mengatur tingkat kekaburan gambar.
-
Camera untuk mengatur efek fokus gambar.
-
Color Transform untuk mengatur pengubahan warna
gambar.
-
Contour untuk untuk membuat garis-garis pinggir
objek pada gambar.
-
Sharpen untuk mengatur keragaman gambar.
8)
Menu Text. Berikut beberapa submenu pada Menu Text
yang umum digunakan.
-
Character Formatting menu-menu text berupa jenis
huruf, spasi, style, dan lain-lain.
-
Paragraph Formatting menu-menu paragraf, seperti
spasi baris, jarak paragraf, bullet, dan numbering.
-
Tabs menu tabulasi.
-
Columns menu membuat kolom.
-
Drop Cap untuk membuat huruf pada awal kalimat
menjadi besar (kapital).
-
Edit Text untuk mengedits teks, menambahkan,
menyisipkan, atau menghapus kata, atau juga huruf.
-
Insert Symbol Character untuk memasukkan simbol.
-
Insert Formatting Code untuk menampilkan menu kode.
-
Fit Text to Path menu teks melengkung mengikuti
lingkaran atau garis yang telah dibuat.
-
Align to Baseline untuk mengembalikan huruf pada
dasar baris huruf normal.
-
Paragraph Text Frame penentuan kolom dalam sebuah
frame teks.
-
Writing Tools untuk menampilkan tombol-tombol teks.
-
Change Case untuk menentukan perubahan tipe huruf.
-
Font List Options untuk menampilkan jenis-jenis
huruf yang tersedia pada program CorelDRAW maupun yang sudah di-install-kan.
9)
Menu Tool. Berikut beberapa submenu pada Menu Tool
yang umum digunakan.
-
Options, untuk mengatur fitur-fitur pada area kerja
dokumen dan pilihan bahasa pengantar.
-
Customization, untuk mengatur toolbar-tool dan menu
lain yang ingin dimunculkan pada halaman menggambar CorelDRAW.
-
Color Management, untuk mengatur pilihan mode gambar
(CMYK atau RGB) pada objek hasil gambar.
-
Save Settings As Default untuk mengatur pilihan
penyimpanan dokumen.
-
Object Data Manager untuk memunculkan jendela object
data manager.
-
View Manager untuk memunculkan jendela view manager.
-
Link Manager untuk mengatur link.
-
Undo Docker untuk memperlihatkan langkah-langkah
yang dilakukan selam pengolahan gambar.
-
Internet Bookmark Manager untuk memperhatikan data
hubungan ke internet.
-
Color Style untuk memperlihatkan history pewarnaan
gambar.
-
Palette Editor untuk menentukan komposisi warna
baru.
10)
Menu Window. Berikut beberapa submenu pada Menu
Window yang umum digunakan.
-
New Window untuk memunculkan halaman menggambar yang
besar.
-
Cascade untuk menampilkan beberapa halaman
menggambara secara teratur dari depan ke belakang.
-
Tile Horizontally untuk menampilkan beberapa halaman
menggambar tersusun berjajar secara horizontal.
-
Tile Vertically untuk menampilkan beberapa halaman
menggambar tersusun berjajar secara vertikal.
-
Arrange Icons untuk menyusun ikon.
-
Color Palettes untuk memunculkan pilihan palet
warna.
-
Dockers untuk memunculkan docker pilihan tertentu.
-
Toolbars untuk memunculkan toolbar pada halaman
menggambar.
-
Close untuk menutup halaman menggambar yang sedang
aktif.
-
Close All untuk menutup semua halaman menggambar.
-
Refresh Window untuk me-refresh windows.
11)
Menu Help. Berikut beberapa submenu pada Menu Help
yang umum digunakan.
-
Help Topics untuk memunculkan jendela bantuan
tentang topik-topik tertentu.
-
CorelTUTOR, untuk memunculkan jendela panduan
tentang berkreasi menggunakan Corel.
-
Hints, untuk menentukan jendela Hint.
-
Insights from the Experts untuk memunculkan jendela
panduan tentang membuat suatu karya dari pakar Corel.
-
Highlight What’s New untuk memerintahkan agar
fitur-fitur tombol baru dalam CorelDRAW di beri warna berbeda.
-
Technical Support untuk menghubungkan CorelDRAW ke
provider service melalui internet.
-
Working with Office, untuk memunculkan panduan
tentang menghubungkan CorelDRAW dengan Microsoft Office.
-
Corel on the Web untuk menghubungkan CorelDRAW ke
internet.
-
About CorelDRAW untuk memunculkan jendela lisensi
CorelDRAW.
3.
TOOL BAR
Berisi jalan pintas (shortcuts) yang menuju ke menu
dan perintah - perintah lainnya.
New
Digunakan untuk memulai gambar baru. Anda dapat
menggunakan menu File-new, menekan tombol Alt + F + N atau Ctrl + N.
Open
Digunakan untuk membuka file program Corel Draw yang
pernah Anda simpan. Anda dapat menggunakan menu File-Open, menekan tombol Alt +
F + O atau Ctrl + O.
Save
Digunakan untuk menyimpan gambar yang dibuat. Anda
dapat menjalankan perintah ini melalui menu File-Open, menekan tombol Alt + F +
S atau Ctrl + S. Objek gambar baru yang belum pernah disimpan dapat Anda simpan
dengan pilihan File-Save As.
Print
Digunakan untuk melakukan pencetakan pada hasil
gambar. Anda dapat menggunakan perintah ini dengan menekan tombol Alt + F + P
atau Ctrl + P.
Cut
Digunakan untuk memotong objek yang dipilih ke dalam
clipboard. Anda dapat menggunakan perintah ini dengan menekan tombol Edit – Cut
atau dengan menekan tombol Ctrl + X.
Copy
Digunakan untuk meng-copy objek yang dipilih ke
dalam clipboard. Anda dapat menggunakan perintah ini dengan menekan tombol Edit
– Copy atau dengan menekan tombol Ctrl + C.
Paste
Digunakan untuk menempelkan kembali isi clipboard ke
dalam pembuatan gambar. Anda dapat menggunakan perintah ini dengan menekan
tombol Edit – Paste atau dengan menekan tombol Ctrl + V.
Undo
Digunakan untuk membatalkan perintah terakhir yang
pernah dijalankan. Anda dapat menjalankan perintah ini dengan menekan Ctrl + Z.
Redo
Digunakan untuk mengulangi kembali perintah yang
telah dibatalkan. Anda dapat menjalankan perintah ini dengan menekan Ctrl +
Shift + Z.
Import
Digunakan untuk mengambil atau menempatkan objek gambar
dari program/aplikasi lain. Anda dapat menjalankan perintah ini melalui menu
File – Import atau dengan menekan Ctrl + I.
Export
Digunakan untuk mengekspor objek gambar dari
program/aplikasi lain. Anda dapat menjalankan perintah ini melalui menu File –
Export atau dengan menekan Ctrl + E.
Aplications Launcher
Digunakan untuk membuka aplikasi lain yang dimiliki
Corel.
Corel Online
Digunakan untuk mengakes website komunitas Corel
Graphics.
Zoom Levels
Digunakan untuk mengatur besar kecilnya ukuran
tampilan lembar kerja.
4.
Property Bar
Property Bar berhubungan dengan tool aktif yang
sedang digunakan. Berikut ini beberapa contah property bar yang sedang aktif
pada saat tersebut.
Property Bar Standar
Property Bar pada Tool Ellipse
Property Bar pada Tool Interactive Blend
5.
Docker
Docker berfungsi untuk menampilkan beberapa tipe
kontrol sama seperti pada tombol ataupun Option.
6.
Status Bar
Status Bar akan menampilkan informasi tentang objek
yang dipilih (seperti warna, tipe fill, garis tepi, posisi kursor dan perintah
yang berhubungan).
7.
Color Palette
Color palete berisi berbagai kombinasi warna yang
bisa diaplikasikan pada objek yang Anda gambar.
8.
ToolBox
Berisi berbagai macam tool yang digunakan untuk
membuat berbagai macam objek gambar, member warna, ataupun melakukan
modifikasi-modifikasi terhadap objek dan gambar.
Pick
Untuk
memilih objek, memindah objek, seperti menggeser dan menghapus objek.
Shape
Untuk
mengedit bentuk objek. Terdiri dari : Shape, Smudge brush, Roughen Brush, dan
Free Transform.
Crop Tool
Digunakan
untuk proses pemotongan suatu objek. Terdiri dari tool Croping, Knife, Eraser,
dan Virtual segmen delete.
Zoom
Digunakan
untuk merubah pembesaran suatu objek dalam ukuran tertentu. Terdiri dari tool
Zoom dan Hand.
Curve
Untuk
membuat objek kurva. Terdiri dari Freehand, Bezier, Artistic Media, Pen
Polyline, 3 point cuve, Interactive connector dan dimension.
Smart Tool
Terdiri
dari Smart Fill dan Smart Drawing.
Rectangle
Untuk
membentuk objek yang terdiri dari tool Rectangle dan 3 point Rectangle.
Ellipse
Untuk
membentuk objek Ellipse yang terdiri dari Tool Ellipse dan 3 point Ellipse.
Object
Untuk
Membentuk objek. Terdiri dari tool Polygon, Star, Complex Star, Graph Paper dan
Spiral.
Perfect Shapes
Untuk
menggambar bentuk seperti panah dan lain-lain. Terdiri dari Basic shapes, Arrow
Shapes, Flowchart Shapes, Banner Shapes, dan Callout Shapes.
Interactive Tool
Untuk
memberi efek dan memodifikasi suatu objek agar lebih interaktif. Terdiri dari
tool Interactive Blend, Interactive Contour, Interactive Distorsion,
Interactive Drop Shadow, Interactive Envelope, Interactive Extrude, dan
Interactive Transparency.
Eyedropper
Untuk
memasukkan warna ke suatu objek. Terdiri dari tool Eyedropper dan Paintbucket.
Outline
Untuk
mengatur dan memodifikasi objek garis. Terdiri dari tool Outline Pen dan
Outline Colour, pilihan ketebalan Outline dan Color Docker.
9.
Ruler (Penggaris)
Penggaris sangat bermanfaat untuk membantu
meletakkan objek gambar pada suatu lokasi dengan tingkat akurasi yang tinggi.
Anda dapat menampilkan atau menyembunyikan penggaris horizontal dan vertikal
melalui menu View > Ruler. Tanda centang pada submenu Rulers berarti
penggaris dalam posisi aktif/ditampilkan. Secara default, titik (0,0) terletak
di sudut kiri bawah lembar kerja.
Titik (0,0) pada Ruler
10.
Tanda Navigasi (Page Navigator)
Fasilitas ini berfungsi untuk menambah, menghapus,
mengganti nama lembar kerja, juga untuk mengubah arah lembar kerja horizontal
atau vertikal.
Tanda Navigator
Tombol + di sebelah kiri dan kanan untuk menambah
lembar kerja di sebelah kiri atau kanan lembar kerja aktif. Tampilan nomor 1 of
1 menunjukkan Anda berada pada lembar kerja 1 dari satu lembar kerja yang ada.
Tombol panah kiri untuk menuju ke lembar kerja pertama, dan tombol panah kanan
untuk menuju lembar kerja terakhir. Jika Anda memiliki lebih dari dua lembar
maka akan tampilkan tombol panah kiri dan kanan seperti Gambar 1.18. Tanda
panah kiri digunakan untuk pindah ke halaman sebelumnya dan tanda panah kanan
digunakan untuk pindah ke halaman berikutnya. Selain cara itu, Anda dapat
menggunakan cara lainnya untuk menambah lembar kerja. Klik kanan pada salah
satu lembar kerja atau page maka tampil perintah
1)
Klik perintah Insert Page After untuk menyisipkan lembar
kerja baru di sebelah kanan lembar kerja yang aktif.
2)
Klik perintah Insert Page Before untuk menyisipkan
lembar kerja baru di sebelah kiri lembar kerja aktif.
3)
Klik perintah Delete Page untuk menghapus lembar
kerja.
4)
Klik perintah Switch Page Orientation untuk
mengganti arah lembar kerja (dari arah vertikal menjadi arah horizontal atau
sebaliknya).
5)
Klik perintah Rename Page jika Anda ingin mengganti
nama dari page atau halaman sehingga akan tampil kotak dialog Rename Page,
ketik nama pengganti, misalnya ”Belajar Desain Grafis”, kemudian klik tombol OK
sehingga page 1 menjadi Belajar Desain Grafis1.
a.
Proses mengganti nama halaman
b.
Nama halaman setelah diganti nama
11.
Drawing Page
Wilayah kosong/lembar kerja berbentuk segi empat, di
tengah-
tengah area putih, dimana gambar atau objek dapat
kita tempatkan di dalamnya.
12.
Drawing Window
Merupakan area di luar Drawing Page, dibatasi oleh
scroll bars
dan kontrol aplikasi (application controls).
13.
Control Page
Di pakai untuk berpindah dari satu halaman ke
halaman lain.
14.
Scroll Bar Horizontal
Digunakan untuk menggulung layar ke kanan atau ke
kiri.
15.
Scroll Bar Vertikal
Digunakan untuk menggulung layar ke atas atau ke
bawah.
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Dalam
kemajuan teknologi software yang memiliki multi fungsi untuk semua bidang.
Seperti sofware coreldraw yang memiliki
banyak fungsi. Coreldraw merupakan salah satu aplikasi software atau perangkat
lunak editor grafik vektor yang dibuat oleh Corel untuk membuat sebuah karya
seni profesional, mulai dari yang simpel seperti logo sederhana hingga
ilustrasi teknis yang rumit atau kompleks dengan pemrosesan visual.
B.
Saran
Untuk
membantu kita dalam pembuatan grafis sebaiknya dipelajari cara pengoperasian
coreldraw, banyak sekali manfaat yang diperoleh dari operasi perangkat lunak
coreldraw.
DAFTAR PUSTAKA
0 komentar:
Posting Komentar